Mengukur Produktivitas Karyawan

Apa pun jenis produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda, penting untuk mengukur produktivitas karyawan dan mengukurnya seakurat mungkin. Memastikan produktivitas karyawan di tempat kerja bisa menjadi tantangan.

Ada berbagai faktor, seperti kualitas peralatan Anda, pengelolaan aliran material, dan pertimbangan ekonomi umum (misalnya inflasi atau resesi), yang dapat mempengaruhi keuntungan bisnis Anda. Namun, profitabilitas bisnis Anda sangat bergantung pada kualitas kinerja karyawan Anda. Kebanyakan karyawan merasa sulit untuk fokus secara konsisten dan menghasilkan karya terbaik yang mereka bisa lakukan dikarenakan terganggu oleh smartphone, media sosial, email pribadi dan tuntutan kehidupan pribadi mereka. Anda dapat mengevaluasi kualitas pekerjaan karyawan Anda melalui pengukuran produktivitas.

Mengukur Produktivitas Karyawan

Pilih ukuran produktivitas yang mudah digunakan, berdasarkan jenis operasi yang melibatkan bisnis Anda dan apa yang Anda produksi. Anda juga harus memilih frame waktu untuk mengukurnya. Produktivitas akan menjadi sesuatu yang berbeda untuk masing-masing bisnis.

Misalnya, produktivitas seorang desainer grafis mungkin mencakup aspek dari berapa banyak pekerjaan yang dia selesaikan dalam sebulan, dan juga seberapa cepat pekerjaan diproduksi. Sebuah perusahaan yang membuat dan menjual widget, di sisi lain, mungkin mengukur produktivitas berdasarkan jumlah unit yang dibuat dan terjual lebih dari sebulan.

Jika Anda telah menemukan cara mengukur produktivitas bisnis Anda, Anda harus menentukan apakah produktivitas Anda berada di tempat yang seharusnya. Tugas ini bisa jadi rumit, terutama jika Anda mendapatkan informasi ini untuk pertama kalinya. Faktor yang perlu dipertimbangkan adalah :

  • Biaya per unit dibandingkan dengan harga.
  • Tingkat produktivitas pesaing Anda, biaya per unit, dan harga.

Beberapa informasi ini mungkin tersedia dari asosiasi perdagangan atau industri Anda, atau melalui jaringan dengan kontak di bisnis sejenis. Setelah Anda menetapkan ukuran dasar, Anda dapat menilai produktivitas Anda secara berkala dan dapat melihat tren dan melacak kemajuan perusahaan Anda dari waktu ke waktu.

Identifikasikan area masalah yang berpotensial. Kualitas kepemimpinan dalam bisnis dapat berpengaruh pada produktivitas, jadi pastikan bahwa Anda sebagai pemimpin, bisnis Anda tidak menderita :

  • perencanaan atau penjadwalan kerja yang buruk,
  • instruksi yang tidak jelas atau tidak tepat waktu kepada karyawan,
  • ketidakmampuan untuk menyesuaikan ukuran dan tugas staff selama periode beban kerja ringan atau berat,
  • kurangnya koordinasi aliran material,
  • tidak tersedianya alat yang dibutuhkan,
  • waktu perjalanan yang berlebihan.

Selain meninjau kinerja karyawan, pengukuran produktivitas dapat menjadi bagian penting dalam membantu karyawan memahami seberapa banyak yang telah mereka lakukan untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Pengukuran produktivitas yang akurat dapat menjadi satu langkah lagi untuk memastikan tidak hanya pada keuntungan yang lebih besar, namun meningkatkan motivasi kerja serta kepuasan kerja dan pengakuan akan prestasi tim dan individu. Pada akhirnya, kunci untuk meningkatkan produktivitas terletak pada karyawan itu sendiri dan cara Anda bekerja dengan para karyawan.