Berbagai Macam Tipe Karyawan

Berbagai Macam Tipe Karyawan

Di setiap perusahaan pasti terdapat berbagai macam tipe karyawan dengan sikap dan perilaku yang berbeda. Semua orang memang ditakdirkan memiliki sifat dan kepribadian yang beda, dan hal ini otomatis terbawa dalam kehidupan profesionalnya.

Berbagai Macam Tipe Karyawan

  • Biasa saja

Tipe seperti ini biasanya cenderung tidak memiliki motivasi dan ide-ide baru untuk kemajuan perusahannya. Mereka memilih menjalani pekerjaan apa adanya. Duduk di depan komputer tanpa berusaha mencari kesibukan yang bisa menunjukkan kreativitas atau sesuatu yang membanggakan.

  • Pemalas

Orang pemalas biasanya datang ke kantor hanya bermalas-malasan. Yang biasa mereka lakukan adalah membuka media sosial, mengantuk, kerja sebentar dan kemudian pulang on time.

  • Tukang Gosip

Pada umumnya mereka berkerumun dalam sebuah komunitas. Mereka tidak peduli mau gosipin siapa dan tentang apa. Teman sendiri, OB, bahkan Bos juga bisa jadi bahan gosip mereka. Biasanya mereka selalu mendapatkan celah untuk menjelekkan pekerjaan orang lain.

  • Anti Sosial

Karyawan seperti ini adalah tipe yang menikmati kesendiriannya. Mereka tahu kapan mereka membutuhkan orang lain dan bagaimana memanfaatkan waktunya sendiri untuk menjadi lebih produktif. Anda dapat mengetahui tipe seperti ini dari bagaimana mereka biasanya nggak suka ikut nongkrong.

  • Micromanager

Seorang micromanager biasanya membawa atribut-atribut positif dalam management (seperti attention to detail dan hands-on attitude) ke titik yang ekstrim. Misalnya, Anda seorang Manager atau Bos, dan Anda memerintahkan bawahan Anda untuk melakukan suatu pekerjaan dalam kurun waktu tertentu. Sebagai micromanager, dia akan memberikan perincian detail apa yang harus dia lakukan dan selalu mengecek tiap satu jam terhadap pekerjaan mereka. Hal ini bisa mengakibatkan orang-orang disekitarnya justru merasa tidak berdaya.

  • Humoris

Tipe orang humoris sebagian besar bisa menjadi orang yang menyebalkan dan sebagian lagi bisa juga menjadi orang yang menyenangkan. Kalau mereka tidak ada, maka akan terasa sepi dan sangat membosankan. Mereka bisa memecah keheningan dan suasana tegang dikantor.

  • Pemimpin

Tipe ini merupakan orang yang serius dalam bekerja, dapat menginspirasi rekan-rekan kerjanya. Mereka juga suka bersosialisasi tapi tidak untuk bergosip, selain itu juga mereka pintar menjaga apa yang prioritas dan mana yang bukan.

  • Workaholic

Tipe karyawan yang workaholic suka menghabiskan waktu lembur di kantor bahkan siap tidak dibayar untuk lemburannya. Tidak mengenal waktu adalah julukan yang tepat untuk tipe karyawan ini. Kapanpun dia sedang memikirkan tentang pekerjaan dan berusahan menyelesaikan target pekerjaanya secepat mungkin.

Sumber : http://www.rajajobs.com/index/jobseeker/news-event/advice/1399