Tips Menghadapi Bos yang Galak

Seharusnya seorang Bos mampu membimbing karywannya untuk bisa berkembang dalam bidangnya dan menjadi sukses. Tetapi, jika Anda dihadapkan dengan memiliki seorang Bos yang galak, apa yang Anda lakukan? Apakah akan mundur dari pekerjaan Anda saat itu juga meskipun pekerjaan itu sangatlah Anda sukai? Jangan menyerah dulu! Coba Anda ikuti tips berikut, siapa tahu Anda malah jadi karyawan yang disukai oleh Bos Anda 🙂
Tips Menghadapi Bos yang Galak

  1. Apakah Anda yakin Bos Anda merupakan Bos yang terburuk?
    Jangan menilai Bos Anda tidak kompeten jika Anda pernah melihat beliau berbuat salah. Apalagi Anda belum memastikan itu benar atau tidak. Apakah Bos Anda memang buruk atau tidak? Itu juga harus Anda pastikan apa yang membuat beliau menjadi Bos yang buruk. Apakah kepribadiannya yang kurang baik? Atau didasari karena karyawan yang tidak bisa beliau percaya?
  2. Jangan biarkan sikap Bos Anda mempengaruhi pekerjaan Anda
    Anda harus tetap fokus untuk menyelesaikan pekerjaan Anda sekalipun Bos Anda selalu galak terhadap Anda. Jangan sampai Anda terpengaruh, terbawa emosi yang pada akhirnya Anda terus menerus memikirkannya sehingga pekerjaan Anda tidak selesai.
  3. Ambil motivasi dari sikap Bos Anda yang galak
    Apakah Bos Anda memang galak atau untuk dihormati oleh karyawannya, Anda harus mencari tahunya. Dengan mengetahui motivasi apa yang beliau miliki, itu juga bisa membantu Anda dalam mengerjakan pekerjaan Anda.
  4. Catat segala hal yang berhubungan dengan Bos Anda
    Hal yang behubungan di sini maksudnya adalah dalam hal pekerjaan yang beliau pinta kepada Anda. Jika Bos Anda menyuruh mempersiapkan sebuah dokumen, maka pastikan Anda mencatatnya. Dengan begitu, Bos Anda tidak akan pernah bisa mengelak jika beliau menyuruh atau tidak menyuruh Anda melakukan sesuatu. Juga dapat membuat Anda terlihat profesional karena Anda tidak akan melupakan apapun yang beliau pinta.
  5. Berada satu langkah di depan Bos Anda
    Anda sebagai karyawannya pasti Anda hafal akan kebiasaannya. Misalnya kebiasaan Bos Anda yang menanyakan jadwalnya pada jam 10 pagi, maka usahakan Anda langsung memberitahukan kepada beliau sebelum beliau bertanya kepada Anda. Dengan begitu, beliau akan takjub terhadap inisiatif Anda dan siapa tahu anda bisa mengubah sikap beliau yang galak itu.
  6. Bersikaplah seperti pemimpin kelompok
    Ambil kendali dalam setiap pertemuan, tunjukkan bahwa Anda memang seseorang yang kompeten dan bisa diandalkan dalam bidang Anda sendiri. Yakinkan Bos Anda bahwa dari semua karyawan, Andalah yang paling memiliki potensi memajukan perusahaan.
  7. Mengidentifikasi pemicu dari kegalakan Bos Anda
    Sebaiknya Anda mencari tahu dahulu kenapa beliau bisa segalak itu. Anda mungkin bisa mencari tahu lewat karyawan lain yang bekerja lebih lama dengannya yang siapa tahu mengetahui mengapa beliau memiliki sifat yang galak. Dengan mengetahui alasannya, Anda akan lebih bisa menempatkan bagaimana Anda bersikap di depannya dan tidak melakukan sesuatu yang bisa tambah memicu amarahnya.
  8. Memastikan kembali permintaan dari Bos Anda
    Jika Bos Anda meminta untuk mengirimkan email pada pihak A, maka ulangi apa yang beliau pinta. Lakukan ini hampir di setiap kondisi beliau meminta Anda. Dengan konfirmasi yang pasti, bisa memperkecil kesalahan yang Anda lakukan. Ingat, Bos Anda adalah tipe Bos yang galak, itu artinya Anda dilarang bersalah sekecil apapun itu.
  9. Konsultasi pada senir Anda di kantor
    Anda perlu menanyakan pada senior di kantor tentang sifat beliau. Jika senior Anda merasa kewalahan dan tidak bisa lebih lama lagi bertahan, maka Anda bisa memikirkan rencana yang harus dilakukan kedepannya. Namun jika senior Anda berkata hal ini adalah hal biasa yang masih bisa diatasi, itu artinya Anda hanya perlu kesabaran ekstra untuk beradaptasi pada kegalakan Bos Ada.
  10. Berusaha menjadi karyawan teladan dan tidak terbawa emosi
    Jangan Anda terpancing emosi saat Bos Anda marah. Jangan juga Anda membalasnya dengan mengerjakan tugas dengan tidak maksimal. Anda harus tetap menjadi karyawan teladan yang menter terhadap omelan apapun. Bekerja juga merupakan proses belajar, jadi pastikan Anda menerima semua pelajaran dengan baik demi kebaikan diri Anda sendiri.
  11. Menunggu saat yang tepat apakah kegalakan Bos Anda bertahan terus-menerus atau tidak
    Jika banyak rekan kerja Anda yang sudah menyerah dengan sikap Bos Anda, alangkah baiknya Anda menunggu sedikit lagi untuk melihat apakah hal itu bertahan terus-menerus atau tidak. Jika tidak, maka Anda tidak perlu pergi melainkan tetap menjalaninya dengan baik. Tapi jika sikap Bos Anda bukannya semakin baik malahan semakin parah, jangan ragu untuk pergi. Anda tidak perlu mengabdi pada seseorang yang tidak menghargai Anda.

 

Sumber : https://life.idntimes.com/career/stella/11-tips-cerdas-menghadapi-bos-yang-galak