Menghancurkan Mentalitas Silo

Mentalistas silo menurut businessdictionary.com adalah suatu mental ketika departemen atau sektor tertentu tidak ingin berbagi informasi dengan orang lain atau departemen lain di perusahaan yang sama.

Situasi yang disebakan oleh mental silo sangatlah dihindari dan menjadi penyebab komunikasi yang buruk antara departemen atau sektor lain dari perusahaan.

Lalu, mengapa hal ini terus terjadi? Apa yang harus dilakukan untuk menghentikannya?

Menghancurkan Mentalitas Silo

  • Fokus pada pelanggan.

Yang terpenting adalah tetap dekat dengan pelanggan atau service produk Anda dan belajar bagaimana Anda merasa seperti kehilangan, bertemu atau melakukan sesuatu hal yang melebihi harapan mereka. Untuk melakukan ini, Anda harus membawa orang bersama-sama sehingga mereka mulai memahami keterkaitan antar departemen dan dampaknya terhadap pelanggan.

  • Berbagi informasi.

Dengan berbagi informasi di perusahaan dan menyampaikannya ke tangan orang-orang yang berdampak pada pelanggan, hal ini akan mencegah penimbunan informasi dan meningkatkan kerja sama. Anda dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik dan lebih kuat, yang akan melayani pelanggan lebih baik lagi. Anda akan melihat banyak orang yang secara aktif terlibat untuk melakukan hal tersebut.

  • Menciptakan atmosfir kerja sama, kerja tim, kepercayaan dan komunikasi terbuka.

Mengembangkan tim lintas-fungsional adalah cara yang bagus untuk membuat hal ini terjadi. Dengan cara mengumpulkan orang dari semua sudut pandang, tingkat, divisi dan lokasi yang relevan, yang berkomitmen untuk mengubah cara departemen mereka beroperasi dan rutin mengadakan pertemuan. Pastikan Anda menyertakan pemain kunci di dalamnya, karena jika mereka keluar mereka bisa memblokir perubahan.

  • Mengajak orang melihat berbagai hal dari perspektif lain.

Ini bisa dilakukan dengan merotasi karyawan dalam berbagai pekerjaan di sekitar perusahaan. Mintalah manajer dari departemen lain untuk mengunjungi rapat tim Anda, bahkan jadikan mereka anggota kelompok saat Anda mengerjakan usaha yang saling menguntungkan.

  • Menghubungkan semua touchpoint dan chanel Anda.

Touchpoint adalah suatu metode yang digunakan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan. Dengan menghubungkan semua touchpoint dan saluran Anda, maka semua orang yang berhubungan dengan pelanggan memiliki informasi yang akurat, tepat waktu dan relevan tentang pelanggan sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat, pada waktu yang tepat, di saluran yang benar. Hanya dengan memiliki saluran terpadu, Anda bisa mendapatkan gambaran pelanggan yang lengkap dan bisa berkomunikasi dengan mereka dalam satu suara.

  • Penghargaan kerja sama.

Jika sistem penghargaan yang Anda berikan berdasarkan prestasi individu, maka ubahlah juga dalam penghargaan berdasarkan kerja sama. Kenali dan beri penghargaan kepada orang-orang yang bekerja antar departemen dan bagikan kisah mereka ke seluruh departemen perusahaan.

  • Ubah cara pengukuran kesuksesan.

Terakhir, cara untuk menghancurkan mentalitas silo adalah mengubah cara Anda mengukur keberhasilan dan menyelaraskan KPI di seluruh departemen perusahaan. Kita semua tahu apa yang diukur. Setiap karyawan dan manajer diukur, dihargai, dan diberi bonus dalam hal memberikan hasil pelanggan yang sukses, itulah yang menjadi fokus perhatian.

Tindakan untuk menghancurkan silo yang ada, bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu dalam jangka panjang agar perusahaan tetap kompetitif dan menguntungkan.

Sumber : http://www.matchboard.com.au/MatchBoard/Forms/Article/How%20silos%20damage%20Customer%20Experience.aspx