Nilai Positif Kompetitor Bagi Perusahaan

Nilai Positif Kompetitor Bagi PerusahaanPersaingan bagi perusahaan merupakan hal yang tidak dapat dielakan, untuk bisnis dengan berbagai ukuran. Ini bukan sebuah keterpaksaan, melainkan bagian ekosistem bisnis yang penting. Dalam faktanya, kompetisi bisa menjadi alat yang efektif untuk menumbuhkan dan meningkatkan bisnis. Di bawah ini merupakan hal-hal dalam persaingan yang bisa membuat perkembangan bisnis meningkat, yaitu :

    • Memberi Kepastian

Kehadiran kompetisi berarti customer memiliki pilihan untuk memilih bisnis Anda atau yang lain. Ketika ada kompetisi, Anda tahu bahwa customer memakai bisnis Anda bukan karena bisnis Anda satu-satunya di luar sana, tapi karena diantara yang di luar sana, bisnis Anda sangat menarik perhatian mereka. Kompetisi sangat penting bagi bisnis Anda karena itu memberi kepastian bahwa Anda mendapatkan customer karena kualitas produk dan layanan bisnis Anda.

    • Menurunkan Resiko Bisnis Anda

Pakai analisis kompetitor untuk mengetahui :

– Berapa banyak bisnis yang menawarkan produk dan layanan yang sama atau serupa dengan target pasar Anda.

– Bagaimana Anda bisa membedakan ide bisnis Anda, yang akan mempengaruhi bagaimana Anda berencana untuk memasarkan bisnis Anda.

– Apakah ada kompetitor yang memakai penyuplai yang sama dengan bisnis Anda.

– Berapa harga dan taktik pemasaran yang digunakan kompetitor.

– Apakah ada aspek yang dilindungi dari bisnis Anda seperti merek dagang dan merek bisnis Anda, desain toko, marketing tagline, nomor bebas pulsa atau akun sosial media, dan apakah banyak bisnis yang memiliki merek atau nama yang sangat mirip dengan bisnis Anda.

  • Mencari Peluang

Buatlah daftar apa saja yang telah Anda pelajari tentang kompetitor, buat dua kolom yaitu kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda. Fokus pada kelebihannya terlebih dahulu. Tentukan apa yang lebih baik dari mereka dibandingkan dengan bisnis Anda, fokus pada perubahan yang perlu dilakukan.

Perubahan yang mengatasi kekurangan bisnis Anda mungkin bisa berupa website yang mudah dinavigasi, pedoman standar layanan pelanggan yang Anda harapkan pada staf yang berada di garis depan. Perubahan yang lebih besar bisa menyebabkan evaluasi ulang harga dari bisnis Anda atau penyuplai, atau cara Anda menargetkan pemasaran bisnis Anda.

Idenya bukan menyontek kompetitor Anda, tapi untuk mengambil ide terbaik dan memperbaikinya. Misalnya, Anda mungkin telah menemukan bahwa kompetitor Anda memiliki skema loyalitas pelanggan ‘Beli sembilan, dapatkan kesepuluh gratis’. Anda bisa menerapkan skema loyalitas yang serupa, mungkin lebih murah hati dan dikembangkan lagi dengan menawarkan sebuah skema ‘Ajak kawan dapat diskon 20% untuk pembelian berikutnya’.

Sekarang, ubah perhatian Anda pada kekurangan dari kompetitor. Hal ini memberi kesempatan untuk mempromosikan perbedaan bisnis Anda. Misalnya, jika bisnis Anda menjalankan pusat kebun, mungkin Anda telah melihat bahwa kompetitor mempromosikan diri mereka sebagai ‘Para ahli berkebun’, namun staf mereka yang berada di garis depan jelek dalam hubungan dengan pelanggan. Anda bisa melatih staf untuk mulai bertanya kepada setiap pelanggan tentang bagaimana kebun mereka dan kemudian menawarkan beberapa tip dan panduan. Ini akan memberi bisnis Anda untuk menunjukkan keahliannya dan membuat pelanggan merasa benar-benar tertarik untuk membantu mereka.

  • Mengijinkan Untuk Riset Pasar

Di dalam dunia bisnis, akan ada contoh di mana pelanggan akan pergi dari Anda ke kompetitor atau pergi dari kompetitor ke Anda. Jika hal ini terjadi, pelajari tentang apa yang secara khusus penyebab pelanggan mengubah bisnis. Mengumpulkan informasi tersebut memungkinkan Anda lebih paham akan taget pelanggan bisnis Anda, melayani kebutuhan mereka yang lebih baik, dan membuat penyesuaian seperlunya. Penting bagi perusahaan memiliki kompetitor karena mereka membuat Anda tetap dipaksakan melakukan riset pasar. Siapa tahu, Anda menemukan pasar yang niche dengan cara ini.

  • Mengajarkan Anda Keahlian Baru

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kompetitor. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mempelajari pemasaran tertentu, carilah kompetitor yang bisa melakukannya dengan baik dan pelajarilah itu dari mereka. Tidak ada salahnya menerapkan praktik tertentu ke dalam rencana Anda sendiri di mana itu masuk akal. Sisi lain, Anda dapat mengidentifikasi di mana kompetitor gagal, dan menjadi orang yang memenuhi kebutuhan itu. Kesalahan-kesalahan merupakan salah satu cara terbaik untuk belajar, tapi bukan berarti Anda menjadi orang yang membuat kesalahan. Lihatlah ulasan dan pelajari kesalahan apa yang dibuat oleh kompetitor sehingga Anda dapat terhindar. Meski bisa menyeramkan, merangkul kompetitor dalam bisnis bisa jadi salah satu langkah terbaik yang bisa Anda lakukan. Penting bagi perusahaan untuk memiliki kompetitor karena melalui mereka, Anda bisa mendapatkan ide dan perspektif baru, belajar cara untuk bisa menjadi lebih menonjol, dan semakin mengembangkan bisnis Anda. Gunakan kompetitor sebagai katalisator untuk perubahan dan memperhatikan kesuksesan bisnis Anda.